Ayo Main Ke Kampoeng Semarang, Pusat Oleh-Oleh & Kuliner Khas Semarang

by - Januari 12, 2019

Tiga tahun yang lalu Fenny meluncur ke arah Terminal Terboyo, Semarang dari arah Klaten. Bukan untuk naik bus menuju Demak atau Pati , melainkan ke salah satu bangunan dengan parkir luas dan fasad yang lebar sebelum terminal. Logo asam jawa menjadi icon unik yang menjadi penanda bahwa inilah tujuan Fenny, Kampoeng Semarang. 

Kampoeng merupakan penulisan dengan ejaan van Ophuijsen untuk kata kampung yang maknanya setara dengan desa. Desa sendiri adalah kumpulan beberapa unit permukiman kecil. Mengacu pada makna tersebut, Kampoeng Semarang memposisikan dirinya sebagai kumpulan dari beberapa unit lini usaha yang mempresentasikan Semarang, terutama dalam hal kuliner serta oleh-oleh khas Semarang.
Berdiri diatas luas lahan 4000 m2 yang berjarak 3Km dari Bandara Ahmad Yani dan 2Km dari Pelabuhan Tanjung Mas, Kampoeng Semarang memiliki beberapa outlet dan fasilitas berupa:
  • Webe – Outlet Webe Bags
Outlet ini yang paling bikin Fenny bangga dan ternganga. Bangga karena Webe Bag adalah merek tas asli Semarang. Ternganga karena harganya jutaan. Masalah harga tentunya karena memang ada kualitas. WEBE BAG terbuat dari serat poliester yang dikenal dikenal tahan lama, tidak mudah kusut, dan lebih cepat kering saat dijemur. Handle tas juga menggunakan kulit sapi asli. WEBE sendiri merupakan singkatan dari nama pemilik yaitu Wenny Sulistiowaty Hartono dan Budi Usodo. Usaha yang awalnya berkonsep home industri dan didirikan tahun 1998 ini merupakan ide ibu Wenny yang suka desain dan keunikan. Kini usaha yang telah resmi menjadi perseoran terbatas PT Webe Inter Tirzada telah mampu produksi tas dan asesories dengan style yang cukup artistic dan fashionable hingga 15.000 per 90 hari.

  • Asem Jawa Resto – Restoran

  • Asem Arang – Gallery Batik

  • Godhong Asem – Pusat Oleh-Oleh

  • Kembang Asem – Pusat Souvenir

  • Omah Asem – Gallery Homeware

  • Blink For Kids By Webe – Outlet Produk Anak-Anak

  • Galeri Kaos Semarangan
Fenny pernah mengadakan giveaway berhadiah kaos semarangan ala Kampoeng Semarang. Sesuai dengan tagline sebagai pusat oleh-oleh khas Semarang, kaos-kaos yang ada pun bertema kota Atlas ini.


  • Meeting Room
Fenny berkesempatan untuk mencicipi meeting room bersama jajaran staf Kampoeng Semarang waktu itu. Kami memang sedang ada proyek bersama untuk menggarap pemasaran online Kampoeng Semarang. Ruangan meeting sudah dilengkapi dengan LCD dan papan tulis berikut spidol. Mau sewa ruang meeting privat atau rombongan di Kampoeng Semarang? Bisa. 

Kampoeng Semarang menggandeng para pelaku Usaha Mikro kecil dan Menengah – UMKM di Kota Semarang pada khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya dengan menyediakan ruang kreasi dan pemasaran. Kampoeng Semarang memiliki harapan besar untuk dapat menghasilkan UMKM yang tumbuh mandiri, inovatif, dan berdaya saing tinggi. Mengusung tagline “Center of Art, Craft, and Culture in Semarang”, Kampoeng Semarang menjadi satu-satunya pusat oleh-oleh dan pusat handicraft di Kota Semarang yang patut menjadi salah satu destinasi wisata.

Baru-baru ini, Kampoeng Semarang mengadakan acara makan gratis bagi para kaum Dhuafa setiap hari Senin dan Kami. Program sosial rutin ini diminati banyak orang dan membuat Kampoeng Semarang semakin ramai. Jangan lupa juga untuk ikut event Senam Wajib Sehat Kampoeng Semarang setiap hari Sabtu pukul 06.30. Terbuka untuk umum dan gratis lho. 

Ayo Main Ke Kampoeng Semarang, Pusat Oleh-Oleh & Kuliner Khas Semarang.

You May Also Like

4 komentar

  1. Aku baru lihat-lihat outlet Webe aja, yang lain nggak sempat karna terburu-buru waktu itu

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah lo masuk sini padahal dlu jaman ngajar di unissula tiap jari lewat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intagramable tempatnya lho mbak, bikin mupeng

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan kesan.